Review buku "Ini Kali Tak Ada yang Mencari Cinta" Sergius Sutanto

Judul : Ini Kali Tak Ada yang Mencari cinta
Penulis : Sergius Sutanto
Penerbit : Mizan
Ketebalan : 432 hal
Tahun terbit : 2017
ISBN : 978-602-402-098-9

Ini kali tak ada yang mencari cinta, memotret pemberontakan batin Chairil Anwar di tengah amuk cinta dan cita-cita, serta skandal penjiplakan beberapa sajak yang mengguncang kesustraan tanah air di era 50-an. Kisah ini juga mengungkap tabir dendam yang disimpan Chairil selama bertahun-tahun. Dendam yang akhirnya membuat hidup sang penyair senantiasa gamang dan merasa terbuang sebagai "Binatang Jalang"

Jujur dalam review novel kali ini saya kehilangan banyak kata-kata untuk menulis. Saya terlalu menyukai isi dari novel 432 halaman ini

Saya dibuat bingung, apakah emang begini adanya kisah Si AKU atau sudah difiksikan. Aku merasa sosok Chairil Anwar sedang bercerita

Pendeskripsiannya tentang keadaan ditahun 1940an sangat mengena dan rinci bahkan bisa dibuat merinding

Dari novel ini saya jadi tahu mengapa banyak wanita yang bisa jatuh hati pada seorang penyair yang kurus kering ini. Sajak yang ia tulis untuk para wanita sangat indah, sedangkan sajak untuk kemerdakaan atau penjajah sangat tajam dan bisa terbaca jika sang penyair dalam keadaan marah besar

Beberapa orang yang terkenal banyak disebutkan dalam cerita. Seperti HB Jassin, Sutan Sjahrir, Bung Hatta, Soekarno dan para penyair, seniman, pejuang kemerdekaan lainnya

Chairil Anwar adalah sosok yang kurus kering, terlalu frontal, terlalu percaya diri. 
#reviewnovelalanisa #koleksinovelnissa#chairilanwar #mojokbuku